Spoof Text: Pengertian, Struktur, Fungsi dan Contoh Spoof Text dalam Bahasa Inggris

29

Spoof Text: Pengertian, Struktur, Fungsi dan Contoh Spoof Text dalam Bahasa Inggris

Kampung Inggris –  Contoh spoof text dalam bahasa Inggris menjadi salah satu materi yang harus dikuasai oleh semua orang yang mempelajari bahasa Inggris. Seperti yang kita tahu, ketika mempelajari bahasa Inggris, ada berbagai kemampuan yang harus dikuasai, mulai dari speaking, reading, listening, writing, dan lain sebagainya.

Berbagai kemampuan tersebut harus didukung oleh pemahaman mengenai vocab, verb, dan juga slang dalam bahasa Inggris. Ketika berinteraksi dengan teman, kamu tentu sudah sering mendengar lelucon atau cerita-cerita lucu yang tentunya menghibur. Tahukah kamu, cerita lucu menjadi salah satu jenis teks bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh english learner.

Dalam bahasa Inggris, cerita lucu ini merupakan salah satu bentuk teks yang bernama spoof text. Jenis teks yang satu ini ternyata memiliki struktur dan kaidah kebahasaan lho temen temen. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan mengajak kamu untuk mengetahui lebih banyak mengenai fungsi spoof text, dan juga contohnya.

Baca juga : 5 Contoh Public Speaking Bahasa Inggris Untuk Kegiatan Natal dan Tahun Baru 

Pengertian Spoof Text yang Wajib Dipahami

Sebelum membahas lebih jauh tentang contoh spoof text dalam bahasa Inggris, maka kamu harus memahami terlebih dahulu tentang pengertian spoof text ini. Fyi, spoof text merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang berbentuk cerita. Keunikan spoof text yang membedakannya dengan jenis teks lainnya yaitu ada pada bagian akhir ceritanya.

Pada bagian akhir spoof text terdapat sebuah kejutan atau twist yang lucu dan tidak dapat ditebak oleh pembacanya. Dalam segi bahasa sendiri, ‘spoof’ berasal dari bahasa Inggris yang jika diartikan maka berarti lelucon. Dalam bahasa Inggris, spoof text dikenal juga dengan beberapa sebutan lain seperti humor, joke, anecdote, parody, etc.

Adapun tujuan utama dari spoof text ini yaitu untuk menghibur orang lain dengan menggunakan cerita yang lucu. Biasanya, spoof text adalah cerita nyata yang terjadi di masa lalu dan memiliki akhir yang tidak terduga serta lucu. Spoof text sebenarnya tidak memiliki jenis yang berbeda. Namun, terdapat beberapa jenis twist atau kejutan dalam spoof text.

Jenis-jenis Spoof Text Berdasarkan Twist Ending nya

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi spoof text, kita tidak akan langsung masuk ke pembahasan tentang contoh spoof text dalam bahasa Inggris. Sebab, kami sudah merangkum jenis-jenis spoof text berdasarkan twist ending nya di bawah ini.

1. Humorous Twist

Jenis twist dalam spoof text ini memiliki cerita dengan ending yang lucu dan bahagia, dimana jenis twist humoris ini dapat membuat pembaca merasa terhibur dengan air cerita yang ditampilkan. Jenis twist yang satu ini juga sering disebut dengan lightheart twist.

2. Misconception Twist

Contoh spoof text dalam bahasa Inggris selanjutnya yaitu misconception twist yang bertujuan untuk membangun “kesalahpahaman”. Dengan kata lain, informasi tentang peristiwa yang disampaikan seolah “disembunyikan”. Hal tersebut bertujuan untuk mencapai akhir cerita atau pendek yang benar-benar tidak terduga.

3. Ironic Twist

Jenis twist yang terakhir merupakan twist dalam spoof text dengan alur cerita yang belum tentu memiliki ending yang funny. Bahkan, akhir dari cerita untuk jenis twist ini bisa saja bersifat ironis dan mempunyai sisi gelap (tragic ending).

Spoof Text: Pengertian, Struktur, Fungsi dan Contoh Spoof Text dalam Bahasa Inggris

Struktur yang Ada Pada Spoof Text

Setelah memahami konsep dan contoh spoof text dalam bahasa Inggris berdasarkan jenis twist ending nya, maka selanjutnya akan dibahas mengenai struktur teks yang ada pada spoof text ini.

1. Orientation (Orientasi)

Paragraf ini merupakan bagian awal atau pengenalan yang berisi tentang informasi mengenai siapa saja tokoh yang ada di dalam cerita tersebut. Selain itu, di dalamnya juga mengandung informasi terkait latar waktu dan tempat kejadian cerita tersebut. Sehingga, pada bagian ini pembaca akan mengetahui mengenai tokoh, latar tempat dan waktu pada cerita.

2. Events

Pada bagian selanjutnya, menceritakan tentang apa saja hal yang sudah terjadi dan apa saja yang sudah dilakukan oleh tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut. Pada umumnya, peristiwa yang terjadi di dalam cerita spoof text akan diceritakan secara berurutan mengikuti waktu kejadian.

3. Twist

Twist merupakan paragraf terakhir sekaligus menjadi penutup dalam spoof text yang menceritakan tentang kejadian yang mengejutkan dan tidak terduga dari cerita tersebut. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ciri utama dari spoof text ini yaitu harus memiliki twist ending yang tidak dapat ditebak oleh pembacanya.

Unsur Kebahasaan yang Ada di Dalam Spoof Text

Bagi kamu yang ingin mengetahui terkait contoh spoof text dalam bahasa Inggris, mohon bersabar dulu ya sob. Sebab, kamu harus memahami betul semua hal tentang spoof text termasuk unsur kebahasaan yang ada di dalam spoof text berikut ini.

1. Menggunakan Jenis Simple Past Tense

Karena sebuah teks merupakan jenis teks narasi yang menceritakan tentang sebuah peristiwa, maka teks lelucon ini menggunakan jenis tense yaitu simple past tense. Jenis tense ini digunakan untuk menceritakan suatu kejadian yang terjadi di masa lalu dan sudah selesai atau berakhir di masa lalu juga.

2. Fokus ke Tokoh Orang, Hewan, atau Hal-hal Tertentu

Contoh spoof text dalam bahasa Inggris pasti menceritakan tentang sebuah kejadian lucu, bisa berkaitan erat dengan tokoh orang, hewan, maupun objek yang menjadi peran dalam cerita tersebut.

3. Menggunakan Action Verb atau Kata Kerja Aksi

Dalam setiap teks bahasa Inggris, pasti tersusun atas beberapa vocab dan verb yang membentuk satu kalimat utuh. Dalam spoof text, jenis verb yang digunakan yaitu action verb yang menandakan bahwa tindakan bisa kamu lakukan dan terlihat oleh orang lain.

Spoof Text: Pengertian, Struktur, Fungsi dan Contoh Spoof Text dalam Bahasa Inggris

4. Diceritakan secara Kronologis Mengikuti Urutan Waktu

Ciri lainnya dari sebuah teks lelucon atau spoof text yaitu menceritakan suatu peristiwa sesuai dengan urutan waktu atau kronologis. Oleh karena itu, pada spoof text banyak terdapat kata hubung kronologis yang menyatakan terjadinya suatu peristiwa. Beberapa contoh kata hubung tersebut antara lain then, after, next, etc.

5. Menggunakan Keterangan Waktu

Ciri-ciri terakhir dari contoh spoof text dalam bahasa Inggris yaitu menggunakan adverb of time atau keterangan waktu. Beberapa bentuk kata yang umumnya kita kenal sebagai keterangan waktu yaitu yesterday, late, at nine, weeks ago, a month ago, etc.

Contoh Spoof Text dalam Bahasa Inggris

Untuk membuat sebuah spoof text, diperlukan selera humor yang baik agar pembaca dapat ‘menangkap’ unsur komedi yang disampaikan dalam cerita tersebut. Berikut ini adalah contoh spoof text yang bisa menjadi referensi kamu dalam meningkatkan pemahaman tentang spoof text yang satu ini.

The Thief in the Next House

Joko: Mom, last night when you had a good night’s sleep, I heard the occupants of the house next to us screaming for help.
Mom: Oh yes? Mom didn’t hear it last night, because I was fast asleep.
Joko: That’s right mom, she said that the thief managed to break into her house and take her jewelry.
Mom: After that, what happened?
Joko: Then, I quickly locked the door of our house, afraid that the thief would sneak into our house too and take my mother’s jewelry.
Mom: Oh, so you locked the door, why did you lock the door, Joko? Because of your act of locking the door, your father could not enter the house and was finally caught.

Terjemahan

Pencuri di Rumah Sebelah

Joko: Bu, tadi malam saat ibu tidur nyenyak, saya mendengar penghuni rumah di sebelah kita berteriak minta tolong.
Ibu: Oh ya? Ibu tidak mendengarnya tadi malam, karena ibu tertidur lelap.
Joko: Benar bu, katanya pencuri itu berhasil masuk ke rumahnya dan mengambil perhiasannya.
Ibu: Setelah itu, apa yang terjadi?
Joko: Kemudian, saya segera mengunci pintu rumah kita, takut pencuri itu akan menyelinap masuk ke rumah kita juga dan mengambil perhiasan ibu.
Ibu: Oh, jadi kamu mengunci pintunya, kenapa kamu mengunci pintunya, Joko? Karena ulahmu mengunci pintu, ayahmu tidak bisa masuk ke dalam rumah dan akhirnya tertangkap.

Baca juga : 10 Contoh Kalimat Customer Service dalam Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Tahu!

Penutup

Finally, demikian pembahasan yang bisa kamu simak mengenai pengertian, struktur teks, unsur kebahasaan, serta contoh spoof text dalam bahasa Inggris. Dengan memahami materi terkait spoof text, kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu terutama dalam hal skill writing dan speaking.

Leave A Reply

Your email address will not be published.